Humas DPU Makassar : Informasi Publik Tampilkan Kepercayaan Masyarakat

DPUMKS2X+V | Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sepertinya menyadari betul kemajuan teknologi informasi sehingga terus berupaya membangun transparansi informasi dengan masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar pertemuan koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama dengan PPID pembantu untuk saling meningkatkan koordinasi yang digelar Humas Pemkot Makassar di Hotel Santika, Rabu (26/6/2019).

PPID utama dijabat oleh Kabag Humas Setda Pemkot Sulsel, Muhammad Roem, sedangkan PPID pembantu adalah humas yang ditunjuk dari tiap SKPD lingkup Pemkot Makassar.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Transparansi Informasi untuk Demokratis Pemerintahan’ ini menghadirkan Pakar Komunikasi Aswar Hasan dan Komisi Informasi Farhan Ali. Keduanya pun menyampaikan materi terkait UU Informasi Publik dan hal-hal menyangkut sengketa informasi yang kerap terjadi.

Sementara itu, Humas Dinas PU Kota Makassar Hamka Darwis yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengaku sangat mengapresiasinya. Menurutnya, ini bisa menjadi wadah untuk saling berkoodinasi antara PPID utama bahkan antar tiap PPID pembantu.

Dengan demikian, segala persoalan yang muncul terkait dengan sengketa informasi yang selama ini terjadi dapat menjadi momen bagi tiap PPID untuk saling berbagai dan saling memberikan solusi, khususnya di era keterbukaan informasi ini.

“Dengan adanya transparansi keterbukaan informasi publik akan menampilkan public trust atau kepercayaan masyarakat kepada Pemkot Makassar,” kata Hamka. (Penulis : Asrhawi Muin | Editor: Azis Kuba)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *