Antisipasi Genangan pada Tahun Baru, Pemkot Makassar Bentuk Tim

670_446_antisipasi-genangan-pada-tahun-baru-pemkot-makassar-bentuk-tim-khusus_m_DPUMKS2X+V | – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menerjunkan tim khusus menangani dampak bencana di puncak cuaca ekstrem. Tim Anti Genangan (Antig) bertugas menangani persoalan banjir, dikhususnya di sejumlah ruas jalan-jalan protokol di Kota Makassar.

Humas Dinas PU kota Makassar Hamka Darwis mengatakan, Antig yang dibentuk akan bertugas selama 24 jam penuh. Menyisir setiap lokasi-lakasi jalan yang terdampak genangan akibat hujan lebat. Tim juga bertanggung jawab memantau titik genangan, mencari tahu penyebabnya hingga mengambil tindakan taktis untuk jalan keluar.

“Tim ini akan standby selama 24 jam penuh dalam memantau tingkat genangan air, melakukan pengawasan, apabila ada saluran drainase yang tersumbat dan mengakibatkan terjadinya genangan air,” kata Hamka Darwis melalui keterangan resminya, Sabtu (29/12).

Hamka menjelaskan, tim yang dibentuk merupakan tindaklanjut dari instruksi Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. Lelaki yang akrab disapa Danny ini sebelumnya meminta agar jajarannya bergerak cepat melakukan langkah antisipasi dampak genangan hingga banjir di musim penghujan.

Khususnya antisipasi teknis di puncak pergantian tahun nanti. “Tim bertugas mengawasi serta mengantisipasi luapan air drainase agar jangan sampai tersumbat akibat sampah. Tim bergerak cepat melakukan penanganan dengan segera semuanya demi kenyamanan bagi warga,” jelas Hamka.

Tim lanjut Hamka dilengkapi dengan alat penanganan teknis, mereka ditugaskan untuk mengawasi berbagai ruas jalan yang rawan dan kerap tergenang. Titik yang menjadi perhatian utama adalah wilayah Selatan Kota Makassar meliputi, Jalan AP Pettarani, Jalan Sultan Hasanuddin dan sebagian besar Jalan Anggrek.

22 orang personel di lokasi tersebut disiagakan selama 24 jam. Begitupun untuk wilayah Utara Makassar meliputi Jalan Jendral Sudirman, Jalan Nusantara, Jalan Penghibur hingga Jalan Haji Bau, 15 personel khusus disiagakan.

“Selain bertugas pada siang hari, tim ini juga bergantian bertugas pada malam hari dilokasi yang seringkali tergenang,” pungkasnya. (Sumber : www.jawapos.com)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *